Feature

Senin, 31 Agustus 2020 - 19:09 WIB

7 bulan yang lalu

logo

IPSI Cabang Ende merayakan hari jadi ke-93 di Aula Gedung Imaculata, Jalan Kathedral Ende, Sabtu (29/8/2020). (Foto: Rian Laka)

IPSI Cabang Ende merayakan hari jadi ke-93 di Aula Gedung Imaculata, Jalan Kathedral Ende, Sabtu (29/8/2020). (Foto: Rian Laka)

IPSI Cabang Ende Terus Berprestasi Harumkan Bangsa Indonesia

Ende, floreseditorial.com – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) yang senantiasa subur mengharumkan Bangsa Indonesia, merupakan induk organisasi resmi Pencak Silat, berada di bawah naungan Komite Olahraga Nasional (KONI). Tentunya, memiliki peran penting dalam melahirkan atlet-atlet silat berbakat, berbakti dan hebat baik di tingkat lokal, regional maupun nasional.

Patut disyukuri bahwa olahraga bela diri silat sudah tersebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Baik dari tingkat cabang hingga ke tingkat ranting kecamatan. Pencak Silat terus bergeliat mendidik, membina dan mengembangkan mental para murid lewat olahraga bela diri silat. Salah satunya adalah pencak silat yang ada di Kabupaten Ende, Flores, NTT.

Baru-baru ini, Sabtu (29/8/2020), di atas aula puncak Gedung Imaculata Jalan Kathedral Ende yang mensejarahkan Soekarno itu, IPSI Cabang Ende merayakan acara syukuran hari jadi ke-93 tahun. Bertemakan “Bersama Kita Jaya”, menjadi spirit baru untuk menumbuh kembangkan ilmu bela diri silat di Kabupaten Ende.

Acara syukuran malam itu sungguh luar biasa. Murid-murid silat yang merupakan didikan Pelatih Pencak Silat Cabang Ende, Eman Taji, dengan mahirnya mendemonstrasikan keterampilan silat mereka di hadapan ratusan tamu undangan, baik dari pihak pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat maupun puluhan orang tua para murid silat.

Butuh Suntikan Dana

Kepada floreseditorial.com, Eman Taji, menerangkan sejarah masuknya Perguruan Silat di Kabupaten Ende. Berawal dari tahun 2006 hingga sekarang, perguruan seni bela diri silat ini aktif berkarya di Wilayah Kabupaten Ende.

Ia mengaku, selama berkarya sebagai pelatih olahraga bela diri silat di Kabupaten Ende, sudah banyak para murid yang bergabung untuk berlatih ilmu seni bela diri silat. Bahkan, sejak menjadi pelatih, ilmu seni bela diri silat sudah terbentuk sampai ke tingkat ranting kecamatan di wilayah Kabupaten Ende.

Eman Taji, mengharapkan dukungan dari stakeholder terkait, terutama pemangku kepentingan di wilayah Kabupaten Ende, agar memperhatikan perguruan seni bela diri silat ini, terlebih dari aspek pendanaan. Sehingga, Kabupaten Ende dapat mencetak atlet seni bela diri silat yang siap bersaing diajang pecak silat lokal, regional maupun nasional.

IPSI Beri Kontribusi

Ketua IPSI Cabang Ende, Yustinus Sani, dalam sambutannya mengatakan, kehadiran perguruan seni bela diri pencak silat Indonesia sudah memberikan kontribusi yang besar terhadap kemerdekaan Bangsa Indonesia. Sebab, kemerdekaan Bangsa Indonesia tidak terlepas dari perjuangan para pendiri kala itu, yang turut membantu melawan penjajah.

Apalagi, menurutnya, perguruan seni bela diri pencak silat Indonesia khususnya Cabang Ende, juga sudah memberikan kontribusi besar kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Ende berupa prestasi di tingkat kabupaten, provinsi maupun di tingkat nasional.

“Mereka adalah anak-anak kita yang sudah memberikan kontribusi kepada pemerintah. Baik kejuaraan di tingkat provinsi maupun nasional,” ungakapnya.

Pemerintah Siap Dukung

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende, Matildis Mensy Tiwe, mengungkapkan, perolehan prestasi murid-murid silat Cabang Ende, baik di tingkat provinsi maupun nasional, merupakan suatu kebanggaan yang mengharumkan Kabupaten Ende. Tentunya, pemerintah akan selalu mendukung penuh semangat olahraga Pencak Silat Indonesia dalam meraih prestasi membawa nama besar Kabupaten Ende.

Menurutnya, pemerintah akan mendukung dalam bentuk program kegiatan kedepannya, agar Pencak Silat Indonesia Cabang Ende dapat bertumbuh lebih subur menuju masa depan cerah.

“Semoga kedepannya terus memberikan prestasi kepada bangsa dan negara, terlebih khusus untuk Kabupaten Ende, baik di tingkat nasional maupun internasional,” harapnya. (Rian Laka)

Artikel ini telah dibaca 577 kali

Baca Lainnya
x